Program Kerja

Program Kerja
Madrasah Aliyah Negeri 2 Takengon


  • Program Kerja Kurikulum

    • Menyusun dan menjabarkan kalender pendidikan
    • Menyusun pembagian tugas guru dan jadwal pelajaran
    • Mengatur penyusunan program pengajaran (program semester), program Satuan Pelajaran dan persiapan mengajar, penjabaran dan penyesuaian kurikulum
    • Mengatur pelaksanaan kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler
    • Mengatur pelaksanaan program penilaian kriteria kenaikan kelas, kriteria kelulusan dan laporan kemajuan belajar siswa serta pembagian raport dan STTB
    • Mengatur pelaksanaan program perbaikan dan pengajaran
    • Mengatur pemanpaatan lingkungan sebagai sumber belajar
    • Mengatur pengembangan MGMPP dan koordinasi mata pelajaran
    • Melakukan supervise administrasi dan akademisi
    • Mengirim siswa berprestasi untuk ikut bidik misi
    • Mengirim siswa berprestasi untuk ikut program beasiswa bidik misi
    • Menyusun laporan
  • Program Kerja Kesiswaan

    • Mengatur program dan pelaksaan bimbingan dan konseling
    • Mengatur dan mmengkoordinasikan pelaksanaan 8K (Keagamaan,Keamanan, Kebersihan, Ketertiban, Keindahan, Kekeluargaan, Kesehatan dan Kerindangan)
    • Mengatur dan membina program kegiatan OSIS meliputi Kepramukaan, Palang Merah Remaja (PMR), Kelompok Ilmiah Remaja (KIR), Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), Patroli Keamanan Sekolah (PKS), Paskibra, Mengatur Program Pesantren Kilat.
    • Menyusun dan mengatur pelaksanaan pemilihan siswa teladan sekolah
    • Menyelenggarakan cerdas cermat, olah raga prestasi
    • Menyeleksi calon untuk mendapatkan beasiswa
  • Program Kerja Laboratorium Bahasa

    Adapun program laborat terdiri atas :
    Program Rutin :

    • Praktek Siswa Siswa diharapkan semuanya dapat mengikuti praktek di laboratorium, agar mengenal, memahami serta dapat menyimpulkan apa yang dilaksanakan dalam praktek tersebut. Pengenalan bentuk atau wujud barang,fungsi kegunaan serta manfaatnya. Praktik dengan sungguh-sungguh sehingga dapat memahami apa yang dipraktekkannya.
    • Pemeliharaan Seluruh komponen baik itu guru, laboran dan siswa supaya dapat memelihara keutuhan sarana dan prasarana yang ada agar situasi dan kondisi dalam proses belajar dan mengajar berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan. Siswa, guru dan laboran dapat menjaga seluruh peralatan yang menunjang praktek dengan sebaik-baiknya sehingga alat-alat dapat dipergunakan semaksimal mungkin. Dapat menggunakan peralatan praktek secara hati-hati dan penuh tanggung jawab serta dapat menjaga keutuhan alat-alat tersebut. Dapat mengatur dan menyimpan peralatan secara tertib serta mudah dicari apabila menggunakannya lagi.Seluruh peralatan supaya dicatat dan diinventariskan kedalam buku inventaris laborat agar mudah dikontrol keadaannya.
    • Kondisi Ruangan Terciptanya kondisi ruangan yang nyaman, bersih serta bebas polusi demi menjaga kesehatan serta suasana yang menenangkan. Untuk memenuhi serta menciptakan kondisi ruangan yang nyaman,bersih serta bebas polusi diharapkan adanya kerjasama yang baik antara siswa,guru,dan laboran dalam penggunaan ruang baik itu untuk kegiatan lainnya. Diperlukannya petugas khusus di bidang kebersihan.
    • Aktifitas Penggunaan laboratorium supaya dimanfaatkan semaksimal mungkin dan ada penjadwalan yang sesuai dengan kebutuhaan praktek bidang studi masing-masing. Diupayakan semaksimal mungkin aktifitas praktek dilaboratorim dilaksanakan secara rutin. Pengaturan jam praktek di laboratorium supaya dijadwal agar tidak terjadi saling tabrakan diantara pembimbing praktik.
      Adapun pengembangan yang dilakukan:

      • Pengembangan personalia: meningkatkan mutu tenaga laboran memberikan pendidikan khusus/penataran tentang laboratorium bahasa
      • Pengembangan sarana/prasarana: Untuk memenuhi kriteria sebagai sekolah yang diunggulkan serta menjadi favorit diantara sekolah-sekolah yang lain, maka dipandang perlu peningkatan sarana maupun prasarana, berupa pengadaan almari penyimpanan bahan-bahan/alat-alat.